Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menambah sebanyak enam sepeda motor pengangkut sampah pasar tradisional di daerah itu.

"Tahun 2015 akan ditambah lagi enam sepeda motor pengangkut sampah," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Mukomuko, Risber A Rajak, di Mukomuko, Senin.

Tahun 2014, instansi itu melalui pihak ketiga pengadaan barang dan jasa pemerintah telah membeli sebanyak enam sepeda motor pengangkut sampah pasar tradisional.

Ia mengatakan, anggaran untuk kegiatan pengadaan sepeda motor pengangkut sampah tahun 2015 sama dengan tahun ini sebesar Rp200 juta.

Sedangkan pasar tradisional yang akan menerima bantuan sepeda motor pengangkut sampah itu, katanya, belum dapat dipastikan sekarang karena masih menunggu petunjuk dari bupati.

"Semuanya terserah bupati. Tetapi data pasar tradisional yang padat sampah di daerah ini akan disampaikan kepada bupati setempat," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, terserah bupati untuk menentukan pasar tradisional yang prioritas pertama menerima bantuan sepeda motor pengangkut sampah tersebut.

Sejumlah pasar tradisional yang belum dapat bantuan dan padat sampah, sebutnya, seperti pasar tradisional di Kecamatan Penarik, pasar Desa Lubuk Sanai, dan pasar di Desa Tunggang.

Ia menerangkan, penambahan sarana dan prasarana persampahan di daerah itu bertujuan untuk mencapai program bupati agar daerah itu memperoleh adipura. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014