Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana pendukung penanggulangan bencana alam terutama banjir dan longsor di daerah ini.
 
Pengecekan kesiapan personel serta sarana dan prasarana pendukung penanggulangan bencana usai apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Markas Komando Distrik Militer 0428/Mukomuko.

Hadir dalam kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana, yakni Ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini, Sekda Mukomuko Abdiyanto, Dandim 0428/Mukomuko, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Kepala OPD.

Bupati Mukomuko Sapuan mengatakan bahwa penanganan bencana alam di daerah ini bukan hanya tugas dari pemerintah daerah, termasuk TNI, Polri ataupun SAR maupun instansi terkait.

"Kita harus menyadari bahwa penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Mukomuko," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan apel gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini bisa menjadi acuan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Mukomuko ini.

Menurutnya, keterbatasan sarana dan prasarana menjadi salah satu hambatan dalam penanggulangan bencana maka dari itu kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. 

"Kami mengajak semua stakeholder dan pihak terkait yang ada di Mukomuko ini untuk membangun partisipasi kemitraan untuk meningkatkan sinergitas kolaborasi dan bekerjasama dalam penanganan menghadapi bencana di wilayah Kabupaten Mukomuko yang kita cintai ini," ujarnya pula.

Ia mengapresiasi kegiatan apel gelar pasukan dan peralatan penanggulangan bencana ini sebagai bentuk kesiapsiagaan dan sinergi lembaga pemerintah dan non pemerintah seluruh elemen dalam penanggulangan menghadapi berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam.

"Kesiapan dan keberadaan sumber daya baik itu manusia maupun peralatan penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu mengingat kondisi geografis geologis dan topografi kabupaten mukomuko.

"kita siap secara bersama-sama ketika dibutuhkan dan juga memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing atas nama pemerintah daerah dan atas nama institusi tni polri dan semuanya," demikian Sapuan.(adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023