Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, meminta warga setempat untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah ini.
 
"Dengan cuaca ekstrem sekarang ini, yakni sering terjadi hujan dengan intensitas cukup lama, untuk itu kita harus waspada dampaknya seperti banjir dan tanah longsor," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan, dampak cuaca ekstrem yang melanda daerah ini selain banjir dan tanah longsor dan pohon tumbang serta tiang listrik roboh.
 
Untuk itu, katanya, warga masyarakat yang berada di lingkungan permukiman penduduk maupun yang menggunakan kendaraan harus waspada terhadap cuaca ekstrim sekarang ini.
 
"Karena cuaca ekstrem nantinya kemungkinan pohon tumbang dan tiang listrik roboh sehingga membahayakan keselamatan warga dan penggunaan kendaraan," ujarnya pula.
 
Saat cuaca ekstrim sekarang ini, ia juga mengimbau warga yang mudik lebaran melewati Jalan Lintas Sumatera di daerah ini untuk waspada pohon tumbang dan tiang listrik roboh saat musim hujan dan angin kencang sekarang ini.
 
Menurutnya, kalau secara vital Jalan Lintas Sumatera di daerah ini yang digunakan untuk mudik dan balik lebaran tahun ini cukup aman.
 
"Paling jembatan, untuk itu pengendara harus selalu hati-hati karena kondisi jembatan masih lantai kayu jadi posisi harus diperhatikan betul saat memasuki jembatan di Air Punggur," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan, kini yang dikhawatirkan cuaca ekstrem membuat pohon dan tiang listrik yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah ini tumbang sehingga dapat mengganggu arus lalu lintas saat mudik lebaran.
 
Untuk mengatasi gangguan seperti pohon tumbang dan tanah longsor sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah, ia mengatakan, instansi terkait akan menyiagakan alat berat untuk menyingkirkan material tersebut.
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023