Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sedang melakukan perbaikan jalan yang mengalami kerusakan di sejumlah titik yang menjadi jalur mudik Lebaran di wilayah itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rejang Lebong Rector Vande Armada di Rejang Lebong, Senin, mengatakan perbaikan kerusakan jalan ini ditargetkan selesai sebelum Lebaran 2023.

"Untuk jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Rejang Lebong sudah kita lakukan perbaikan dengan sistem tambal sulam, termasuk kegiatan 'tebas bayang' di jalur mudik Lebaran," kata dia.

Dia menjelaskan perbaikan kerusakan jalan yang akan menjadi jalur mudik tersebut, baik jalan negara, jalan provinsi, maupun jalan kabupaten, sudah dimulai pada pertengahan puasa Ramadhan.

Perbaikan jalan itu, kata dia, untuk jalan negara dilakukan oleh balai jalan, khususnya di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, jalan provinsi oleh Pemprov Bengkulu, sedangkan pihaknya melakukan perbaikan jalan yang menjadi kewenangan kabupaten setempat.

Beberapa titik jalan yang menjadi jalur mudik yang telah dilakukan perbaikan oleh Dinas PUPR Rejang Lebong,  di antaranya sepanjang Jalan Soeprapto, Kelurahan Talang Rimbo hingga Jalan Sapta Marga dan ruas Jalan Kartini Kecamatan Curup.

Selain melakukan perbaikan jalan, pihaknya juga melakukan "tebas bayang" di bahu jalan kabupaten yang rumputnya sudah tinggi sehingga bisa membahayakan pengguna jalan.

Dia mengatakan pada 2023, Bidang Bina Marga PUPR Rejang Lebong telah merencanakan  peningkatan dan pembangunan jalan terbagi dalam 27 paket dengan jumlah anggaran keseluruhan Rp70 juta, di mana jalan yang akan ditingkatkan ini beberapa ruas di antaranya yang menjadi jalur mudik Lebaran.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023