Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan lima dari 15 kecamatan di wilayah itu saat ini menjadi lokasi pengembangan tanaman sawit.

"Saat ini ada lima kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yang menjadi wilayah pengembangan tanam sawit diantaranya Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kota Padang, Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Binduriang," kata Kepala Distankan Rejang Lebong Zulkarnain di Rejang Lebong, Selasa.

Dia  mengatakan lima kecamatan itu selama ini cocok untuk pengembangan tanaman karena sesuai dengan iklim dan kondisi tanahnya atau agroklimat.

Luasan lahan perkebunan sawit rakyat yang ada di lima kecamatan itu sendiri berdasarkan data BPS Kabupaten Rejang Lebong hingga akhir 2021 lalu lebih dari 900 hektare.

Perkebunan sawit rakyat ini terluas berada dalam Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan luas lebih dari 600 hektare, kemudian Kota Padang, Sindang Beliti Ilir dan Sindang Beliti Ulu masing-masing lebih dari 100 hektare dan di Kecamatan Binduriang berkisar 25 hektare.

Menurut dia, untuk membantu pengembangan tanaman sawit dalam lima kecamatan ini Kementerian Pertanian pada tahun 2023 akan memberikan bantuan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) seluas 100 hektare.

Bantuan program PSR itu akan disalurkan melalui kelompok tani, di mana setiap hektare akan diberikan bantuan tunai senilai Rp30 juta yang disalurkan melalui rekening kelompok tani masing-masing, yang diperuntukkan pembelian bibit, pengolahan lahan, pembelian pupuk dan lainnya.

Untuk mendapatkan bantuan ini kalangan petani sawit di wilayah itu harus tergabung dalam kelompok tani dan harus memenuhi beberapa kriteria di antaranya harus tergabung dalam kelompok tani sawit, kebunnya sudah memiliki sertifikat.

Sedangkan kriteria lainnya perkebunan sawit yang dimiliki sudah tidak lagi produktif lagi atau telah berumur lebih dari 15 tahun, kemudian produksinya tidak sesuai dengan yang seharusnya atau rendah, dan tanamannya menggunakan bibit asalan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rejang Lebong kembangkan tanaman sawit dalam lima kecamatan

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023