Pemerintah pusat saat ini mengizinkan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan gambut milik kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.
 
"Yang terbaru kebun sawit di lahan gambut di daerah kita ini tidak membutuhkan verifikasi, selanjutnya kebun sawit di lahan gambut bisa mendapatkan program peremajaan sawit," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko M Rizon di Mukomuko, Minggu.
 
Pemerintah pusat sebelumnya menolak program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan gambut milik masyarakat petani di daerah ini.
 
Terkait dengan penolakan usulan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan gambut milik masyarakat petani, ia mengatakan, petani bisa mengusulkan kembali program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan gambut tersebut.
 
"Bagi lahan gambut yang awalnya tidak diakomodir dalam program peremajaan tanaman kelapa sawit, silahkan diusulkan kembali," ujarnya pula.
 
Kendati demikian, katanya, pemerintah akan melakukan pengambilan foto udara menggunakan drone untuk memastikan ada atau tidak tanaman kelapa sawit lahan yang diusulkan mendapatkan program peremajaan tanaman kelapa sawit.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, sebanyak delapan kelompok tani di daerah ini mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit yang tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di lahan seluas sekitar 2.541 hektare.
 
Dari sebanyak delapan kelompok tani, empat kelompok tani di antaranya dalam tahap verifikasi lahan oleh kehutanan dan pengambilan foto udara menggunakan drone.
 
Sebanyak empat kelompok tani ini, yakni KRP Masad Jaya I di Desa Lubuk Talang, KRP Tanera Sejahtera Desa Bunga Tanjung, KRP Mukomuko Kelurahan Pasar Mukomuko, dan KRP Tunas Harapan Desa Manjuto Jaya.
 
Ia menyebutkan, sebanyak empat kelompok tani ini mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan perkebunan kelapa sawit seluas sekitar 777 hektare.
 
Kemudian empat kelompok lainnya baru menyampaikan usulan, yakni KRP Maju Bersama Desa Air Merah, KRP Sungai Barau Desa Lubuk Bangko, KRP Bukit Barisan Desa Gajah Makmur, dan Palang Kenidai Desa Bunga Tanjung.
 
Ia mengatakan, empat kelompok tani mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan kebun sawit sekitar 1.764 hektare.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023