Mukomuko (Antara) - Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun depan akan memperoleh penambahan kuota pupuk subsidi.

"Jumlah kuota pupuk subsidi di daerah ini bertambah tetapi jumlahnya tidak banyak," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Elxandi, di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan, tahun 2015 jumlah kuota pupuk subsidi di daerah itu, yakni Urea sebanyak 3.423 ton, SP36 1.880 ton, ZA 1.342 ton, NPK 7.370 ton, dan pupuk organik 1.197 ton.

Menurutnya, kuota pupuk subsidi yang bertambah di daerah itu untuk jenis organik dan ZA.

Namun, kata dia, dirinya tidak hafal jumlah penambahan kuota pupuk subsidi dari dua jenis itu. Tetapi penambahan itu tidak begitu signifikan.

Sedangkan, lanjutnya, penyaluran pupuk subsidi itu masih seperti sebelumnya sesuai dengan rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) di daerah itu.

Mayoritas pupuk subsidi itu, katanya, untuk kebutuhan tanaman pangan di daerah itu. Hanya sebagian kecil untuk tanaman perkebunan dan peternakan.

Ia membantah, kuota pupuk subsidi setiap tahun di daerah itu kurang. Jumlah pupuk subsidi sudah sesuai dengan RDKK di daerah itu.

Menurutnya, petani yang tidak dapat pupuk subsidi itu karena mereka tidak masuk dalam kelompok tani sehingga tidak dapat pembagian pupuk subsidi.

"Kalau petani yang masuk dalam kelompok sudah pasti menerima pembagian pupuk subsidi tersebut sesuai dengan kebutuhannya," ujarnya lagi.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014