Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu telah menerima berkas pendaftaran sebanyak 420 orang bakal calon legislatif untuk Pemilihan Umum 2024 dari 12 partai politik

"Sampai sehari sebelum penutupan tahapan pendaftaran sudah ada 12 parpol yang mendaftar caleg mereka dan semua parpol memenuhi kuota maksimal pengajuan bacaleg," kata anggota KPU Kota Bengkulu Deby Harianto di Bengkulu, Sabtu.

Ia menjelaskan sebanyak tujuh partai politik telah lengkap berkas pendaftarannya dan lima partai politik masih dalam pemeriksaan berkas bakal calon legislatif.

Pada Pemilu 2024, Kota Bengkulu terbagi atas empat daerah pemilihan, meliputi Dapil Kota Bengkulu 1 memiliki alokasi sembilan kursi DPRD Kota Bengkulu. Kemudian, Dapil Kota Bengkulu II (7 kursi), Dapil Kota Bengkulu III (12 kursi), dan Dapil Kota Bengkulu IV (7 kursi).

"Jadi, ada 35 kursi DPRD, partai politik bisa mengajukan dengan kuota maksimal sesuai jumlah kursi di dapil. Sebanyak 12 partai politik yang telah mendaftar mengajukan masing-masing 35 orang bakal calon legislatif mereka," kata dia.

Mengenai keterwakilan perempuan, parpol-parpol yang telah mendaftar tersebut memenuhi keterwakilan dan dan komposisi nomor urut perempuan di daftar bacaleg.

"Kalau yang sudah kami terima, artinya mereka telah memenuhi syarat-syarat pendaftaran termasuk soal keterwakilan perempuan," ujarnya.

Dari sebelum pendaftaran, KPU Kota Bengkulu telah mengingatkan partai politik soal pemenuhan dan komposisi nomor urut keterwakilan perempuan pada daftar bacaleg yang didaftarkan.

"Memenuhi atau tidak itu sebenarnya hak parpol, tapi parpol harus memenuhi kuota keterwakilan perempuan di daftar bacaleg. Kalau tidak memenuhi maka berkas pendaftaran kami serahkan kembali untuk diperbaiki," katanya.

Dia mengatakan dalam Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 menjelaskan parpol harus memenuhi syarat 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar calon yang didaftarkan ke KPU.

Kemudian, susunan calon perempuan di daftar sesuai pasal 8 ayat 1d menjelaskan setiap tiga orang bakal calon pada susunan daftar bakal calon terdapat paling sedikit satu orang bakal calon dari keterwakilan perempuan.
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023