Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya TNI Irvansyah S.H., CHrmp., M Tr opsla mengingatkan agar prajurit TNI yang bertugas di Provinsi Bengkulu untuk terus menjaga netralitas pada Pemilihan Umum 2024.
 
"Kalau pemilu arahnya cuma satu jaga netralitas, walaupun mungkin di antara calon-calon ada teman, saudara, ada teman satu angkatan mungkin mantan TNI atau siapa saja, TNI tetap netral, ini sudah pesan dari Bapak Panglima TNI," kata Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Irvansyah di Bengkulu, Selasa.
 
Seluruh jajaran TNI, kata dia, tetap bersikap netral dan ikut memberikan rasa kepercayaan masyarakat bahwa pemilu yang diselenggarakan berjalan jujur dan adil.
 
"Bapak Kepala Staf masing-masing (matra TNI) sudah memberikan bekal untuk tetap netral, untuk menjaga supaya pergantian kepemimpinan baik di pusat maupun daerah dapat berjalan dengan baik, dijamin kelancarannya, dan hasilnya memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa memang pemilu itu jujur dan adil," ucapnya.
 
Untuk pengamanan pemilu, kata dia, berada di ranah kepolisian masing-masing daerah dan TNI siap memberikan dukungan jika dibutuhkan saat pengamanan.
 
"Kalau untuk pengamanan pemilu, jika Bapak Kapolda akan melibatkan atau meminta TNI untuk mendukung pengamanan pemilu, maka kami siap, terutama Korem Garuda Mas Bengkulu yang di sini (di Bengkulu), termasuk dari Angkatan Laut," kata dia.
 
Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebutkan situasi Provinsi Bengkulu sejak dimulainya tahapan pemilu pada Juni 2022 tetap kondusif.
 
Menurut dia, tidak ada gangguan stabilitas politik dan keamanan yang menyangkut pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
 
"Tahapan sudah berjalan sebagaimana regulasi yang dikeluarkan, yakni dengan sistem proporsional terbuka karena itu regulasi yang ada sekarang. Situasi Bengkulu kondusif," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023