Bank Bengkulu Cabang Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menyediakan kredit multiguna untuk perangkat desa di wilayah itu dengan besaran pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp75 juta.

Pimpinan Bank Bengkulu Cabang Curup Wahyu Esa Saputra di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan program kredit usaha untuk perangkat desa atau PPDI yang resmi diluncurkan Bank Bengkulu sejak 2020 saat ini telah dinikmati oleh ribuan perangkat desa se- Provinsi Bengkulu.

"Saat ini kami menyediakan kredit khusus untuk perangkat desa dengan besaran kredit minimal Rp1 juta dan maksimal Rp75 juta," kata dia.

Dia menjelaskan kredit multiguna untuk perangkat desa atau PPDI tersebut diberikan dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun dengan jaminan SK perangkat desa.

Kalangan perangkat desa yang bisa memanfaatkan kredit ini, kata dia, ialah kepala desa, sekretaris desa, kemudian pelaksana teknis yang berkedudukan sebagai unsur pembantu kepala desa seperti kepala urusan (kaur), kepala seksi (kasi) dan kepala dusun.

Ia mengatakan pengajuan kredit PPDI ini cukup mudah, di mana untuk kredit yang diajukan sebesar Rp1 juta hingga Rp25 juta tidak memakai agunan dan kredit di atas Rp25 juta hingga Rp75 juta memakai agunan SK perangkat desa.

Sejauh ini perangkat desa yang sudah memanfaatkan kredit PPID ini khususnya di Kantor Cabang Bank Bengkulu Curup sebanyak 89 orang dengan jumlah kredit mencapai Rp1,8 miliar.

Menurut dia, jumlah perangkat desa yang telah memanfaatkan kredit ini akan lebih banyak karena belum ditambah dengan kredit serupa yang disalurkan melalui cabang pembantu dan unit Bank Bengkulu yang ada di wilayah itu.

Kalangan perangkat desa yang akan memanfaatkan kredit ini, ujar dia, bisa mendatangi kantor cabang pembantu dan unit maupun cabang Bank Bengkulu di Jalan S Sukowati Curup.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023