Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melelang proyek pembangunan fisik Rumah Sakit Pratama dengan nilai Rp39 miliar.
 
"Hari ini kami menyerahkan dokumen kegiatan ke Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) daerah ini, selanjutnya mereka yang melelangnya," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jajad Sudrajat di Mukomuko, Rabu.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mendapatkan dana alokasi khusus sebesar Rp61 miliar dari pemerintah pusat untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama.
 
Dari anggaran sebesar Rp61 miliar tersebut, anggaran untuk pembangunan fisik Rumah Sakit Pratama sebesar Rp39 miliar dan alat kesehatan Rp22 miliar.
 
Ia mengatakan, bahwa kegiatan lelang proyek pembangunan fisik Rumah Sakit Pratama ini terlambat satu bulan karena kelompok kerja (Pokja) di LPSE daerah ini mogok.
 
"Pokja LPSE waktu pas awal tahun sempat mogok satu bulan dari seharusnya kita siap Januari 2023 lelang perencanaan, namun disitu tidak ada Pokja, sehingga menunggu awal Februari," ujarnya.
 
Ia menargetkan, lelang proyek pembangunan fisik Rumah Sakit Pratama selasai akhir bulan Juni 2023, lalu kontrak awal bulan Juli 2023. Kegiatan pengerjaan pembangunan fisik Rumah Sakit Pratama ini ditargetkan tuntas Desember 2023.
 
Sementara itu, sumber daya manusia untuk bekerja di Rumah Sakit Pratama, pemerintah daerah mempunyai nota kesepahaman dengan Universitas Andalas Padang untuk merekrut tenaga dokter spesialis.
 
Selain itu, katanya, dengan tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat, pihaknya akan memberdayakan sumber daya manusia di Kecamatan Mukomuko Selatan untuk dioptimalkan.
 
"Di RSUD Mukomuko kelebihan sumber daya manusia. Kelebihan sumber daya ini bisa dialihkan ke sana," ujarnya.
 
Sementara itu, pemerintah membangun Rumah Sakit Pratama tersebut karena jarak dengan rumah sakit terdekat lebih kurang 160 kilometer, baik dari RSUD Mukomuko maupun rumah sakit di Bengkulu.
 
Terkait penetapan lokasi Rumah Sakit Pratama di Desa Air Buluh, Kecamatan Mukomuko Selatan di lihat dari sisi lingkungan, keekonomian, transportasi.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023