Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprioritaskan program bantuan sosial sekaligus pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan bagi desa rawan pangan di daerah ini.
 
"Bantuan sosial dan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mengentaskan desa rawan pangan di daerah ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko Elxandi Utria di Mukomuko, Kamis.
 
Ia menyebutkan sebanyak dua desa dari 148 desa dan tiga kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan tergolong rawan pangan. Dua desa yang rawan pangan yakni Desa Lubuk Selandak, Kecamatan Teramang Jaya dan Desa Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai.
 
Ia mengatakan dua desa rawan pangan di daerah itu menjadi prioritas pertama mendapatkan bantuan sosial dan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dari pemerintah daerah (pemda) setempat.
 
Sebanyak enam indikator desa rawan pangan antara lain lahan pangan seperti hortikultura dan padi kurang, warung pangan masih kurang, dan tenaga kesehatan masih kurang. Selain itu sarana air bersih di dua desa tersebut masih kurang, jumlah penduduk miskin di daerah ini lebih banyak dibandingkan desa lain, dan sulitnya akses transportasi darat di desa ini.
 
Untuk itu, kata dia, pemda setempat melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait memprioritaskan bantuan sosial dan pembangunan jalan dan jembatan di desa ini.
 
Selain dua desa ini, lanjutnya, ada delapan desa di daerah ini yang menjadi prioritas kedua mendapatkan bantuan sosial dan pembangunan jalan dan jembatan dari pemerintah setempat.
 
Delapan desa ini terdapat di Kecamatan Malin Deman (1), Kecamatan Pondok Suguh (1), Kecamatan Sungai Rumbai (1), Kecamatan Penarik (3), dan Kecamatan V Koto (2).
 
Selain itu, katanya, terdapat 14 desa di daerah ini yang menjadi prioritas ketiga menerima bantuan sosial dan pembangunan jalan dan jembatan di daerah ini. Ia menjelaskan pemda  melakukan kebijakan itu untuk mengentaskan desa rawan pangan di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023