Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menyiapkan acara deklarasi damai menjelang pemilihan kepala desa serentak yang digelar pada 66 desa di wilayah itu.

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pemkab Rejang Lebong Pranoto Majid usai memimpin rapat persiapan deklarasi damai pilkades serentak di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan pilkades serentak akan dilaksanakan pada 21 Juni 2023.

"Deklarasi damai pilkades serentak akan digelar tanggal 13 Juni. Deklarasi damai ini tidak diatur normatif dalam undang-undang, tetapi masuk tahapan pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023," katanya.

Dia menjelaskan deklarasi damai pilkades serentak ini akan diikuti sebanyak 191 orang calon kepala desa dan acara itu digelar di rumah dinas bupati.

Deklarasi damai pilkades serentak ini, kata Pranoto, penting dilakukan guna mengajak para peserta pilkades untuk menjaga keamanan, ketertiban, kelancaran, dan konsekuen menerima apa pun hasilnya nanti.

Pranoto selaku Ketua Tim Fasilitasi Pilkades Serentak Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2023 menambahkan deklarasi damai ini juga disaksikan aparat penegak hukum dari kepolisian, TNI dan kejaksaan.

Sementara itu, tahapan pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sudah masuk pengadaan logistik berupa kotak suara, surat suara, pendistribusian peralatan dan perlengkapan panitia pilkades terhitung sejak 22 Mei hingga 10 Juni.

Selanjutnya masa kampanye selama tiga hari pada 15 sampai 17 Juni, masa tenang 18 sampai 20 Juni, dan 21 Juni merupakan hari pemungutan suara yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB, dilanjutkan penghitungan suara.

Sedangkan untuk penyelesaian perselisihan hasil pilkades diberikan waktu selama satu bulan mulai dari 21 Juni hingga 21 Juli. Sedangkan pelantikan kepala desa terpilih secara serentak dijadwalkan pada 21 Agustus 2023.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023