Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mempromosikan berbagai produk unggulan daerah setempat, berupa beras mikih dan samba lokan di Pekan Nasional (Penas) XVI Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Padang, Sumatera Barat selama 10-Juni 2023.

"Produk unggulan yang kita bawa pada acara Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan XVI di Sumbar, yakni beras mikih dan samba lokan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko M. Rizon di Mukomuko, Jumat (9/6).

Kementerian Pertanian pada 2023 menggelar Penas XVI KTNA selama lima hari, sejak 10 hingga 15 Juni 2023 di Provinsi Sumatera Barat.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko mengirimkan 75 peserta utama dan 11 pendamping ke acara itu, atau lebih banyak dibandingkan dengan peserta dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan salah satu kegiatan yang diikuti para peserta Penas KTNA dari daerah ini dan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, yakni pameran produk unggulan.

Ia menambahkan peserta Penas KTNA dari daerah ini, termasuk dari kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, mempromosikan produk unggulan bergabung dengan stan pameran Provinsi Bengkulu.

Ia menjelaskan beras mikih merupakan beras produksi dari daerah ini yang diperoleh dari lahan persawahan milik petani setempat, sedangkan samba lokan atau kerang sungai termasuk makanan khas dari daerah ini.

Makanan ini, kata dia, diproduksi oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang tersebar di daerah ini.

Ia mengatakan kegiatan khusus yang diikuti oleh peserta Penas KTNA dari daerah ini, yakni Gita Nusantara dan uji ketangkasan.

"Kegiatan Gita Nusantara seperti peserta dari daerah ini menampilkan lagu daerah, sedangkan uji ketangkasan tentang bagaimana cara petani membuat pupuk organik dari bahan alami," ujarnya.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023