Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Ketahanan Pangan akan melatih para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengolah pangan lokal menjadi produk yang mempunyai nilai jual di tengah masyarakat.
 
"Kita akan melatih para UMKM di Desa Resno. Ada petugas yang kompeten untuk melatih UMKM mengolah pangan lokal menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomis," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko Elxandi Utria di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti surat permohonan bantuan narasumber untuk melatih para pelaku UMKM tentang pengolahan pangan lokal menjadi produk bernilai ekonomis dari Pemerintah Desa Resno, Kecamatan V Koto.
 
Selain petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, ada petugas dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah dan Dinas Pertanian yang melatih UMKM untuk mengolah pangan lokal menjadi produk bernilai ekonomis.
 
Ia mengatakan, hampir sebagian besar desa di daerah ini setiap tahun memprogram kegiatan pelatihan keterampilan bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha di wilayahnya masing-masing.
 
"Pemerintah Desa Resno ini termasuk cepat menggelar pelatihan ini. Biasanya sebagian besar desa menggelar pelatihan ini di akhir tahun," ujarnya.
 
Terkait dengan jenis pangan yang diolah menjadi produk bernilai ekonomis, katanya, menyesuaikan dengan potensi yang ada di masing-masing desa.
 
Ia menjelaskan, petugas instansinya secara khusus melatih pelaku UMKM mengolah pangan lokal selain menjadi produk bernilai ekonomis serta beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).
 
Selain itu, katanya, instansinya secara khusus menekankan pengembangan berbagai jenis pangan yang ada di wilayahnya masing-masing untuk ketahanan pangan di daerah ini.
 
Selanjutnya, ia mengatakan, instansinya menyambut positif kegiatan ini karena ada peningkatan kesejahteraan masyarakat, di samping itu desa diminta mengoptimalkan sumber daya yang ada di desa.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023