Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu menyatakan bahwa hingga saat ini sebanyak 914 orang mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP Negeri di Kota Bengkulu jalur afirmasi dan prestasi.
 
"Dari 914 berkas yang masuk tersebut, sebanyak 461 data yang telah di input yang terdiri dari 284 jalur prestasi dan 177 jalur afirmasi," kata Ketua Panitia PPDB Dikbud Kota Bengkulu Huteman Mulyadi di Kota Bengkulu, Senin.
 
Ia menyebutkan bahwa banyaknya peserta didik yang mendaftar jalur afirmasi dan prestasi dari luar Kota Bengkulu seperti Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Seluma dan wilayah sekitarnya.
 
Untuk alasan para pendaftar karena Kartu Keluarga (KK) peserta didik warga Bengkulu dan alasan bersekolah di luar Bengkulu karena alasan orang tua bekerja.
 
Sementara itu, ia mengimbau agar para kepala sekolah (Kepsek) dan guru untuk tidak terlibat dalam praktek pungutan liar atau pungli.
 
Hal ini dilakukan agar pelaksanaan PPDB di Kota Bengkulu dapat berjalan dengan baik dan sekolah bisa menjalani tugas pokok dan fungsi sesuai ketentuan yang ada.
 
"Dikbud Kota Bengkulu akan berkoordinasi dengan inspektorat jika nantinya ada ditemukan kecurangan dalam pemungutan biaya PPDB di tiap sekolah. Karena ada tim siber pemeriksa tersendiri dari Inspektorat Kota Bengkulu yang mengawal dan mengawasi jalannya," terang dia.
 
Sebelumnya Dikbud Kota Bengkulu menerangkan bahwa siswa hafal Al Quran dan hadist dapat mendaftar PPDB melalui jalur prestasi.
 
"Bagi siswa yang memiliki hafalan Al Quran 30 Juz dan 40 hadist dengan dibuktikan piagam penghargaan dapat langsung mendaftarkan ke sekolah pilihannya melalui jalur prestasi," kata Kadis Dikbud Kota Bengkulu Sehmi.
 
Selain itu, bagi siswa yang mempunyai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik lainnya juga dapat mendaftar PPDB melalui jalur prestasi.
 
Sesuai dengan persyaratan dan ketentuan pendaftaran yang harus dibuktikan dengan sertifikat atau piagam yang ditandatangani oleh pejabat berwenang.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023