Warga Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu,  antusias membeli sembilan bahan pokok (sembako) yang dijual dalam program bahan pangan murah di wilayah itu.   

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Taman SP usai menggelar pasar murah di halaman Kantor Camat Padang Ulak Tanding (PUT), Senin, mengatakan program tersebut dikemas dalam Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional.
 
"Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional ini dilaksanakan untuk menstabilkan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 2023, warga yang mengikuti kegiatan ini cukup antusias untuk membeli berbagai kebutuhan pokok," kata dia.

Dia menjelaskan program itu sendiri dibuka secara serentak nasional oleh Mendagri Tito Karnavian atas nama Presiden Joko Widodo secara daring tersebar di 342 titik dalam 301 kabupaten/kota di Tanah Air.

Pada kegiatan ini, kata dia, kalangan masyarakat Kecamatan Pada Ulak Tanding dan sekitarnya beramai-ramai membeli bahan kebutuhan pokok yang mereka siapkan bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Rejang Lebong dan agen sembako yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Bahan pokok yang mereka jual dengan harga di bawah pasaran itu diantaranya adalah beras kualitas medium ukuran karung 5 kg seharga Rp45.000, kemudian Beras Kita ukuran 5 kg seharga Rp55.000, telur satu karpet (isi 30 butir) Rp53.000. 

Selanjutnya bawang merah Rp24.000 per kg, terigu Rp12.000 per kg, minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter, daging kerbau beku Rp80.000 per kg, tepung beras Rp8.000 per kg, sarden ukuran kecil Rp7.500, kental manis Rp12.000 per kaleng, kecap merek Bango ukuran 550 ml Rp23.000.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Efendi dalam kesempatan itu mendukung kegiatan pangan murah di Kabupaten Rejang Lebong yang dinilai sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah guna menyetabilkan harga jual berbagai bahan kebutuhan pokok.

"Dalam kegiatan ini masyarakat dapat berbelanja kebutuhan pokok dengan harga yang cukup murah, program ini sangat kita dukung," jelasnya.

Menurut dia program gerakan pangan murah ini bertujuan untuk mengendalikan inflasi dan memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan pangan murah menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023