Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengimbau agar seluruh masyarakat untuk mewaspadai cuaca buruk seperti hujan dengan intensitas lebat dan angin kencang yang terjadi beberapa hari ke depan.

"Masyarakat Bengkulu diharapkan untuk tetap waspada dalam berkendara atau beraktivitas di luar rumah saat terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang disertai angin kencang," kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar di Kota Bengkulu, Rabu.

Baca juga: DKP Bengkulu: Akibat cuaca buruk hasil tangkapan nelayan berkurang

Baca juga: BMKG catat gempa bumi di Bengkulu terjadi 270 kali
 
Ia menyebutkan bahwa terdapat sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.
 
Untuk wilayah yang berpotensi terjadi cuaca buruk beberapa hari ke depan, yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong.
 
Kemudian Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur.

Baca juga: Wakil Wali Kota Bengkulu imbau nelayan waspada gelombang tinggi

Baca juga: BMKG: Bengkulu perlu mewaspadai karhutla
 
Lanjut Anang, cuaca buruk yang terjadi di wilayah Bengkulu disebabkan karena adanya belokan angin dan perlambatan kecepatan angin, kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga ke atas.
 
Serta labilitas udara yang cukup signifikan menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Bengkulu.
 
Oleh karena itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidro meteorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lainnya yang disebabkan oleh hujan intensitas lebat dengan durasi yang lama.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023