Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 13 madrasah di wilayah itu pada tahun ajaran 2023/2024 mulai menerapkan kurikulum merdeka.

Kepala Kemenag Rejang Lebong Lukman melalui Kasi Madrasah Adrihadi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan madrasah yang akan menerapkan kurikulum merdeka tersebut mulai dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

"Mulai tahun ajaran 2023/2024 ini di Kabupaten Rejang Lebong ada 13 madrasah yang akan menerapkan kurikulum merdeka. Madrasah yang menerapkan mulai dari RA, MI, MTS dan MA," kata dia.

Dia menjelaskan madrasah yang menerapkan kurikulum merdeka ini baik yang berstatus swasta maupun madrasah berstatus negeri tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, di mana SK penerapannya sudah diterbitkan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag pusat.

Ia mengatakan madrasah yang akan menerapkan kurikulum merdeka itu diantaranya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong. Kemudian untuk MTs atau setingkat SMP ialah MTs Negeri 1 Rejang Lebong, MTs Negeri 2 Rejang Lebong serta MTs Muhammadiyah Curup.

Selanjutnya MI atau setingkat SD ialah MIN 1 Rejang Lebong, MIN 3 Rejang Lebong, MIN 4 Rejang Lebong, MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu, MIS Ar Rahman, MIS Guppi Lubuk Kembang, MIS Tasikmalaya. Sedangkan tingkat RA atau setingkat TK ialah RA Rabbi Radhiyya, dan RA Ummatan Wahidah.

Menurut dia, dari 13 madrasah yang akan menerapkan kurikulum merdeka ini terdapat enam madrasah yang akan dijadikan percontohan dan akan dibina oleh IAIN Curup Balai Diklat Palembang meliputi MAN Rejang Lebong, MTs Muhammadiyah, MIN 1 Rejang Lebong, MIN 4 Rejang Lebong, MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu, dan RA Ummatan Wahidah.

Sejauh ini madrasah yang akan menerapkan kurikulum merdeka di wilayah itu sudah mengikuti pembelajaran pertama secara daring atau massive open online course (MOOC) oleh Pusdiklat Jakarta dan Balai Diklat Palembang.

Sementara itu data jumlah madrasah di bawah naungan Kemenag Rejang Lebong saat ini diantaranya untuk MA ada lima sekolah, kemudian MTs sebanyak 12 sekolah. Selanjutnya MI sebanyak 12 sekolah serta tingkat RA sebanyak 21 sekolah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023