Mukomuko (Antara) - Sektor industri kecil dan menengah di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini mampu menyerap sebanyak 3.758 tenaga kerja.  

"Sebanyak 3.758 tenaga kerja itu terbagi pada sektor industri kecil menengah, industri kecil, dan industri menengah," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nungubaidi, di Mukomuko, Minggu.

Dari sebanyak 3.758 orang tenaga kerja itu, sebutnya, 1.020 orang di antaranya tenaga kerja IKM, sebanyak 1.009 orang industri kecil, dan hanya 11 orang tenaga kerja industri menengah.

Ia mengatakan, sedang jenis kegiatan IKM di daerah ini bermacam-macam seperti industri rumah tangga seperti usaha pembuatan keripik singkong, keripik pisang, dan bahan jagung.

Termasuk, lanjutnya, kerajinan tangan seperti pembuatan perabotan rumah tangga dari berbagai bahan baku rotan, kayu, hingga ban mobil untuk membuat kursi dan meja.

Selain itu, katanya, industri pembuatan berbagai jenis makanan ringan seperti "tortila" dan masakan khas dari daerah itu. Termasuk juga sambal dari bahan baku lokan atau kerang air tawar.

"Sekarang ini bertambah lagi tenaga kerja di sektor industri kerajinan batu akik. Namun belum semua tenaga kerjanya terdata," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015