Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu sejak tahun 2006 hingga 2014 telah melatih keterampilan sebanyak 192 orang pencari kerja di daerah itu.

"Dari sebanyak 192 orang pencari kerja yang dilatih di balai latihan kerja (BLK) di daerah ini, satu di antaranya tidak lulus karena absen," kata Kabid Ketenagakerjaan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Mukomuko Heri Rustika, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, ratusan pencari kerja ini diberikan pelatihan keterampilan selama satu bulan di BLK dengan pilihan sebanyak tujuh jurusan, yakni mebel, las listrik, penerangan instalasi listrik, menjahit, komputer, otomatif, dan mesin.

Sebanyak 192 orang pencari kerja ini, katanya, dilatih secara bertahap setiap tahun dengan jumlah peserta paling banyak 48 orang.

Tahun 2015, katanya, instansi itu kembali melatih sebanyak 48 orang pencari kerja dengan pilihan tiga jurusan mebel, las listrik, penerangan instalasi listrik.

Selama mengikuti pelatihan satu bulan, lanjutnya, biaya makan dan uang saku peserta ditanggung oleh pemerintah setempat bersumber dari dana APBD kegiatan pelatihan pencari kerja.

"Namun kita tidak menanggung biaya penginapan peserta, mereka hanya dilatih sejak pagi sampai sore," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015