Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu memastikan bagi 30 siswa yang belum mendapatkan sekolah usai penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru tetap akan mendapatkan sekolah terdekat dari tempat tinggal mereka.
 
"Yang belum dapat sekolah, kami akan upayakan dapat sekolah sesuai zonasi, satu zona wilayah dengan tempat tinggal, wilayah penduduknya padat dan daya tampung sekolah tidak mampu walaupun di dalam zona, makanya kami carikan sekolah terdekat dengan tempat tinggal," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Saidirman, di Bengkulu, Kamis.
 
Saat ini, kata dia Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu sedang melakukan verifikasi jumlah total siswa yang belum dapat sekolah. 

Baca juga: Dikbud Bengkulu: Sebanyak 3.086 siswa daftar PPDB jalur zonasi
Baca juga: Warga Bengkulu diimbau gunakan titik kordinat jelas terkait PPDB
 
Disdik juga melakukan verifikasi sekolah-sekolah yang masih belum memenuhi kuota rombongan belajar (rombel) untuk siswa baru tahun ajaran 2022-2023.
 
"Kami sisir ada beberapa sekolah yang tumpang tindih lokasinya berdekatan dalam satu zona, pendaftarannya juga tumpang tindih, contohnya ada yang mendaftar di SMA 1 dan SMA 7 yang lokasinya berada di zona yang sama," kata dia.
 
Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu mengupayakan solusi bagi 30 anak yang belum mendapatkan sekolah hingga tahapan PPDB tingkat SMA dan SMK berakhir.

Baca juga: Ombudsman dalami informasi pungli proses PPDB Bengkulu
Baca juga: Disdik Bengkulu upayakan solusi 30 anak yang belum mendapatkan sekolah
 
"Ada sekitar 30 orang yang mengadu kepada kami belum memiliki sekolah. Sebenarnya bukan belum memiliki sekolah, tetapi anak dan orang tua masih ingin sekolah yang ingin mereka tuju," kata Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Three Marnope.
 
Sementara, 30 siswa tersebut tidak lulus seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) lewat jalur zonasi, karena kuota ruang belajar di sekolah yang dituju sudah terpenuhi.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023