Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu melepas sebanyak 20.000 bibit ikan di Danau Nibung, salah satu objek wisata unggulan di daerah ini.
 
"Sebanyak 20.000 ekor bibit ikan air tawar yang dilepas di Danau Nibung tersebut jenis ikan nila," kata Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Fitra Juliatmi, di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia mengatakan, pelepasan sebanyak 20.000 ekor bibit ikan air tawar merupakan salah satu dari berbagai kegiatan Festival Danau Nibung, objek wisata di daerah ini.
 
Pemkab Mukomuko berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Festival Danau Nibung itu mulai tanggal 22-23 Juli 2023 dengan tema "Bangkitkan Wisata Kreatif, Menuju Mukomuko Maju".
 
Dia mengatakan, pemerintah daerah setempat melepas bibit ikan di Danau Nibung di daerah ini, agar ketersediaan ikan air tawar di Danau Nibung tetap terjaga secara berkesinambungan.
 
"Sebanyak 20.000 ekor bibit ikan nilai tersebut berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Lubuk Pinang," ujarnya pula.
Ia memastikan, sampai sekarang ketersediaan bibit ikan air tawar yang ada BBI Kecamatan Lubuk Pinang masih aman untuk kebutuhan kelompok budi daya ikan di daerah ini.
 
Kemudian semua bibit ikan yang tersedia di BBI Lubuk Pinang saat ini berkualitas, karena bibit ikan dihasilkan dari induk ikan yang baru dibeli tahun 2022.
 
Dia menyatakan, instansinya tahun 2022 melaksanakan kegiatan pengadaan sebanyak 600 kilogram induk ikan tersebut secara swakelola dengan sistem order kepada pihak Balai Perikanan Budi Daya Air Tawar Sungai Gelam Jambi.
 
Sementara itu, katanya lagi, BBI selain menjual bibit ikan serta bekerja sama dengan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) dalam menyediakan bibit ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan kalangan pembudidaya ikan di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023