Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Provinsi Bengkulu dapat menyumbangkan setidaknya sebesar 4,8 juta perjalanan wisata di 2023 ini.

"Provinsi Bengkulu diharapkan dapat menyumbang minimal 4,8 juta perjalanan. Dan saya berharap bapak gubernur dapat mengelola target ini," kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan lewat pesan video di Kick off Gernas BBI dan BBWI serta malam puncak Festival Tabut 2023 Bengkulu, di Bengkulu, Kamis.
 
Pada 2023, dia mengatakan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia juga mendorong pariwisata di Indonesia. Tujuannya dalam mendorong jumlah wisatawan nusantara untuk melakukan perjalanan di dalam negeri untuk mencapai 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan.
 
"Diharapkan pemda dapat berkontribusi untuk mencapai target BBWI, untuk itu dukungan anggaran dari pemda dapat dilakukan alokasikan sebesar minimal 3 persen untuk pengembangan wisata-wisata daerah," ucap Luhut.
 
Bengkulu memiliki kegiatan seni budaya Festival Tabut yang memiliki potensi menarik minat wisatawan nusantara untuk berkunjung ke provinsi berjuluk Bumi Raflesia itu.
 
"Festival ini merupakan bagian dari budaya Bengkulu untuk menyambut tahun baru Islam. Event besar sejenis dapat terus digelar untuk mendorong capaian target perjalanan wisatawan domestik," ucapnya.
 
Melihat pengalaman di berbagai daerah dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia kata dia kunci penting dalam merealisasikan tujuan tersebut yakni dengan adanya sinergi yang baik seluruh pemangku kepentingan.
 
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan Bengkulu akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagai agenda yang dapat menarik minat wisatawan.
 
Seperti, penyelenggaraan Festival Tabut 2024 mulai dari jauh hari akan disiapkan secara matang. Festival direncanakan melibatkan seluruh provinsi di tanah air.
 
Kemudian, Provinsi Bengkulu juga sedang mendorong daerah untuk bertransformasi menjadi desa wisata yang nantinya tumbuh sebagai destinasi destinasi baru, tidak hanya menarik minat wisatawan nusantara tetapi juga asing.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023