Pemerintah Provinsi Bengkulu menargetkan pada 2023 ini setidaknya terbentuk sebanyak 30 desa wisata di 10 kabupaten dan kota se-Bengkulu.
 
"Desa wisata ini akan dilombakan, dalam lomba di 2023 minimum 3 desa diikutsertakan, Bengkulu punya 9 kabupaten dan 1 kota, jadi ada 30 desa kelurahan yang akan bersaing di kompetisi dalam konteks desa wisata di Provinsi Bengkulu di 2023," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Jumat.
 
Desa wisata yang akan dikembangkan oleh Provinsi Bengkulu, menurut dia yakni desa wisata yang benar-benar nantinya menarik minat para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Baca juga: Satu dari lima wisatawan terseret ombak ditemukan selamat
 
"Tahun ini kembali kami akan mengembangkan sektor pariwisata di pedesaan yang betul-betul menggambarkan keunikan desa wisata," kata dia.
 
Tumbuhnya banyak desa wisata di Provinsi Bengkulu tentunya juga akan mendukung program Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia yang telah dicanangkan pemerintah. 
 
Pada 2023, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia akan mendorong pariwisata di Indonesia. 

Baca juga: Vietnam jadi destinasi wisata yang diminati pengunjung Indonesia
 
Tujuannya kata Luhut dalam mendorong jumlah wisatawan nusantara untuk melakukan perjalanan di dalam negeri untuk mencapai 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan
 
Menko Luhut pun meminta Provinsi Bengkulu dapat menyumbangkan setidaknya sebesar 4,8 juta perjalanan wisata di 2023 ini.
 
"Provinsi Bengkulu diharapkan dapat menyumbang minimal 4,8 juta perjalanan. Dan saya berharap bapak gubernur dapat mengelola target ini," kata Menko Marves.

Update berita ANTARA News Bengkulu via Google News kami.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023