Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membentuk Komisi Penanggulangan AIDS yang bertugas menyelenggarakan penyuluhan cara mencegah kejangkitan "human immunodeficiency virus infection" dan "acquired immune deficiency syndrome" (HIV/AIDS).

"KPA dibentuk untuk melaksanakan pemberantasan dan pencegahan AIDS," kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Melia Fajri, di Mukomuko, Kamis.

Menurutnya, pemberantasan dan pencegahan AIDS ini dilakukan dengan berbagai cara, yakni penyuluhan tentang AIDS kepada masyarakat, survei penderita, perawatan, hingga pengobatan.

Ia mengatakan, personel KPA di daerah yang berjarak sekitar 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu terdiri atas satuan kerja perangkat daerah.

Sedangkan, lanjutnya, "leading sector" kegiatan KPA tetap Dinas Kesehatan, dan Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten Mukomuko.

Pada tahun ini instansi itu kembali melakukan sero survei untuk mendeteksi warga yang menderita HIV/AIDS.

kegiatan tersebut menyertakan KPA agar sekaligus dapat melakukan penyuluhan kepada masyarakat.

Ia menyebutkan, tahun 2014-2015 sebanyak 15 warga pengidap HIV/AIDS rutin memperoleh pengobatan di Kota Bengkulu dan Provinsi Sumatera Barat.

"Jumlah penderita ini meningkat dibandingkan tahun 2012 yang hanya dua orang," ujarnya.***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015