Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini mulai membuka pelayanan kesehatan mata bagi masyarakat di wilayah itu.

Direktur RSUD Rejang Lebong dr Rheyco Victoria usai launching pelayanan kesehatan mata di RSUD Rejang Lebong, Kamis, mengatakan, selama ini pasien penyakit mata yang akan menjalani operasi harus dirujuk ke rumah sakit Provinsi Bengkulu atau rumah sakit lainnya.

Baca juga: Pelaku penganiayaan guru SMA di Rejang Lebong dijerat pasal berlapis

"Saat ini RSUD Rejang Lebong sudah memiliki peralatan operasi mata, pasien yang akan menjalani operasi mata sudah bisa menjalaninya di RSUD Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, peralatan operasi mata tersebut diadakan pada tahun 2023 ini dengan menelan anggaran yang dikumpulkan secara mandiri mencapai Rp1,2 miliar.

Dengan adanya peralatan operasi mata ini, kata dia, maka warga Rejang Lebong dan sekitarnya yang akan berobat penyakit mata sudah bisa mereka layani dengan baik serta tidak perlu jauh-jauh lagi berobat cukup datang ke RSUD Rejang Lebong.

Baca juga: Polisi arahkan pelajar SMAN 7 Rejang Lebong untuk menghormati guru

Ia mengatakan, untuk kegiatan operasi mata yang akan mereka layani setiap bulannya saat ini paling banyak 20 orang pasien, jumlahnya ini masih dibatasi sesuai dengan kebijakan BPJS kesehatan setempat karena anggaran klaimnya cukup besar supaya pembayaran-pembayaran lainnya tidak tertunda.

Sedangkan untuk tenaga medis yang telah disiapkan diantaranya satu orang dokter spesialis mata dan satu dokter spesialis THT dengan sistem kontrak serta tenaga perawat yang sudah terlatih.

Sementara itu Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi yang hadir dalam peluncuran pelayanan operasi mata di RSUD Rejang Lebong berharap dengan adanya pelayanan operasi mata ini nantinya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan menjadi lebih baik lagi.

Pada kesempatan dirinya juga memberikan apresiasi kepada RSUD Rejang Lebong yang dalam peluncuran pelayanan kesehatan mata dengan menggelar bakti sosial berupa operasi katarak gratis untuk 20 orang pasien.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023