Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, melalui Dinas Sosial mulai menyalurkan bantuan berupa sembako kepada ratusan korban banjir di daerah ini.
 
"Kalau yang di Desa Pondok Batu yang baru dikasih sebanyak 140 keluarga," kata Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Eli Susbenti di Mukomuko, Kamis.
 
Ia mengatakan, bantuan sembako untuk warga yang menjadi korban banjir lain di daerah ini belum diberikan karena bantuan masih kurang.
 
Ia mengatakan, pihaknya masih menunggu bagaimana koordinasi kepala dinas kepada sekda dan bupati terkait bantuan sembako untuk korban banjir.
 
"Di Kecamatan Air Manjuto ada empat kepala keluarga (KK), Desa Pondok Kopi 20 KK, belum lagi Desa Rawa Mulya dan Sumber Mulya, tapi jumlah korban banjir di wilayah ini tidak banyak," ujarnya.
 
Ia mengatakan, saat ini tidak ada lagi stok sembako cadangan untuk korban banjir yang tersedia di gudang instansinya.
 
"Kami sudah mengajukan proposal kepada pemerintah provinsi dan di gudang sosial provinsi juga sedang kosong," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat bisa saja menggunakan stok cadangan beras yang ada di Dinas Ketahanan Pangan, tetapi situasi banjir sekarang ini belum begitu parah.
 
Ia menyebutkan, tidak banyak rumah yang terendam banjir, kemungkinan sekitar 200 rumah dan sejak beberapa hari yang lalu banjir yang merendam rumah warga sudah surut.
 
"Karena banjir tidak terlalu parah, dan mudah-mudahan tidak ada lagi karena hari sudah panas," ujarnya.
 
Menurutnya, kalau banjir tidak berhenti, maka pemerintah daerah bisa menerbitkan surat pernyataan darurat banjir dari bupati.
 
Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas sebelumnya mengatakan, instansinya meminta petunjuk atasan terkait keterbatasan bantuan berupa sembako untuk keluarga warga yang menjadi korban bencana banjir di daerah ini.
 
"Kita minta petunjuk dulu bahwa stok kita terbatas. Kalau harus didistribusikan, kita distribusikan, kalau tidak didistribusikan kita menunggu dulu," ujarnya.
 
Ia mengatakan, jika arahan dari atasan bantuan ini tetap didistribusikan, maka pendistribusiannya secukupnya, atau tergantung skala prioritas.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023