Rejanglebong (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 500 kelompok tani dalam 15 kecamatan di daerah itu akan mendapatkan bantuan benih padi bersubsidi.

"Sebanyak 500 kelompok tani yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejanglebong tahun ini akan mendapatkan bantuan benih unggul dari kementerian pertanian. Pemberian bantuan benih padi unggul tersebut untuk menunjang program swasembada pangan nasional," kata Kepala Dinas Pertanian Rejanglebong, Harun Rasyid di Rejanglebong, Minggu.

Pelaksanaan program ketahanan pangan di daerah itu kata dia, selain melakukan pembagian benih padi unggulan yang akan dilaksanakan dalam dua tahapan juga kegiatan pembangunan irigasi tersier untuk areal persawahan seluas 3.800 hektare yang tersebar dalam sembilan kecamatan.

Untuk pendistribusian benih bersubsidi tersebut kata dia, setiap kelompok tani yang akan menerimanya dengan jumlah yang berbeda-beda tergantung dengan luasan lahan sawah yang mereka miliki, dimana untuk satu hektarenya petani akan menerima benih sebanyak 25 kg.

Penyaluran tahap pertama tambah dia, benih ini akan dilaksanakan pada pertengahan April dengan untuk musim tanam April-September, dengan luasan lahan mencapai 300 hektare yang tersebar dalam empat kecamatan yakni Curup Timur, Curup Selatan, Curup Kota dan Kecamatan Selupu Rejang.

"Bantuan benih bersubsidi ini hanya diberikan sekali dalam satu tahun, untuk masa tanam selanjutnya diharapkan petani bisa mengembangkannya," kata Harun.

Sementara itu kelangan petani yang belum tergabung di kelompok tani dia mengimbau, agar secepatnya bergabung atau membentuk kelompok tani karena bantuan yang diberikan pemerintah saat ini hanya diberikan kepada kelompok tani.

Jika mereka sudah ada kelompok tani maka nantinya akan diajukan sebagai calon penerima bantuan serupa maupun jenis bantuan lainnya.***3***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015