Rejanglebong (Antara) - Dua bakal calon bupati (Balonbup) yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, akan menggunakan jalur perseorangan.

Kedua Balonbup yang akan bertarung di daerah itu pada Pilkada serentak pada enam kabupaten dan bersamaan pemilihan Gubernur di Bengkulu yang akan digelar akhir 2015 mendatang yakni pasangan A Hijazi dengan M Iqbal dan Anom Chan dengan Joni Tan.

"Saya sudah pastikan untuk maju di Pilkada Rejanglebong, saya sengaja tidak mendaftarkan diri ke partai manapun, saya akan maju bersama pasangan saya Joni Tan melalui jalur independen. Saat ini kami sudah mengumpulkan dukungan KTP dan sudah siap untuk diserahkan ke KPU Rejanglebong pada saat pendaftaran nanti," ujar Anom Chan di Rejanglebong, Minggu.

Sebagai persiapan untuk pertarungan di Pilkada setempat bersama dengan pasangannya kata dia, saat ini terus menggalang dukungan serta melakukan sosialisasi ke masyarakat dalam 15 kecamatan di daerah itu melalui pemasangan balogho, sepanduk maupun stiker pencalonan untuk merebut simpati pemilih.

Anom Chan yang saat ini menjabat sebagai kepala Bappeda Rejanglebong juga menyebutkan dirinya akan bertarung dalam Pilkada di daerah itu, karena memiliki visi dan misi untuk membangun daerah terutama memajukan bidang pertanian, perkebunan serta sektor unggulan lainnya seperti potensi pariwisata, perikanan dan UKM.

Sementara itu pasangan Balonbup lainnya yang juga akan maju dari jalur perseorangan adalah A Hijazi mantan Bupati Rejanglebong periode 2000-2005, yang berpasangan dengan M Iqbal yang juga wakil bupati setempat periode 2005-2010.

"Saya memilih berpasangan dengan pak Iqbal selain mewakili masyarakat dari Jawa yang bersangkutan juga sudah berpengalaman menjadi Wabup pada periode 2005-2010 lalu. Untuk saat ini kami sudah siap untuk bersaing dengan kandidat lainnya yang diusung Parpol pada Pilkada Rejanglebong nanti," katanya.

Kendati saat ini KPU Rejanglebong belum menentukan jumlah syarat dukungan dari masyarakat di daerah itu sebagai syarat pencalonan, namun dirinya mengaku sudah mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari melalui tim sukses yang telah dibentuk di 15 kecamatan di wilayah itu.

Sebelumnya KPU Rejanglebong menyebutkan tahapan pelaksanaan pemilihan bupati daerah itu periode 2015-2020 baru akan dimulai pada pertengahan 2015 nanti, namun sejak jauh hari sejumlah Parpol yang memiliki kursi di DPRD Rejanglebong sudah melakukan proses penjaringan balonbup sejak akhir 2014 lalu.***2*** 

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015