Bengkulu (Antara) - Istri Gubernur Bengkulu Horniaty Junaidi Hamsyah memimpin aksi bersih Pantai Panjang  yang merupakan salah satu objek wisata andalan di Kota Bengkulu, dalam rangkaian peringatan Hari Kartini 2015.

"Hari ini seluruh pegawai lingkungan pemerintah provinsi bergotong royong membersihkan pantai, saya harap budaya ini juga kita tularkan ke masyarakat," katanya di sela-sela aksi bersih Pantai Panjang, Jumat.

Aksi bersih yang melibatkan para pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Bengkulu itu dipusatkan di depan "Sport Center" atau Pusat Olahraga, Pantai Panjang.

Gerakan bersih pantai itu kata dia diharapkan berlanjut ke seluruh lingkungan masyarakat di sekitar kawasan Pantai Panjang agar menjaga kebersihan lingkungan.

"Kami mengharapkan gerakan ini tidak hanya di Pantai Panjang, tapi di lingkungan kita sendiri," ucapnya.

Kegiatan bersih pantai itu tambahnya juga untuk melestarikan budaya gotong royong yang hampir punah di lingkungan masyarakat.

Ia juga mengajak para pedagang dan pengunjung pantai agar menjaga kebersihan lingkungan di objek wisata tersebut.

"Kesadaran menjaga kebersihan masih minim, baik dari pedagang maupun pengunjung, jadi ini yang harus diubah," kata dia.

Salah seorang pedagang di Pantai Panjang, Tuti mengakui kurangnya kesadaran pengunjung pantai terhadap kebersihan lingkungan.

Sampah-sampah bekas makanan serta minuman ringan berserakan di sekitar pantai. Ia mengharapkan dinas terkait dapat memperbanyak tong sampah di kawasan itu.

"Karena tong sampah sedikit, pengunjung membuang sampah sembarangan, mungkin kalau tempat sampahnya ada mereka bisa buang ke tempatnya," katanya.

Pantai Panjang merupakan salah satu objek wisata andalan di Kota Bengkulu. Setiap hari ratusan pengunjung mendatangi kawasan wisata sepanjang tujuh kilometer itu.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015