Bengkulu (Antara-IPKB) - Upaya menempatkan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) agar turut berkontribusi terhadap pembangunan nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu terus meningkatkan kompetensi tenaga penyuluh lapangan KB (PLKB) dengan menggelar pelatihan motivator bagi tenaga penyuluh di darah itu.

Dengan demikian program program KKBPK mendapat sentuhan dari program pemerintah secara lintas sektor dan instansi, kata Kepala Sub Bidang Penyelenggara dan Evaluasi BKKBN Bengkulu Arsyad, Kamis 16/4.

Pelatihan motivator bagi PLKB yang berlangsung selama dua hari sejak 16-18/4 diikuti peserta sebanyak 30 orang dari masing-masing kabupaten/kota terdapat tiga orang PLKB, ujar Arsyad.

Ia mengatakan, materi yang diberikan kepada peserta itu diyakini mampu meningkatkan kompetnsi tenaga penyuluh KB. Karena dari sejumlah materi itu terdapat tehnik penggerakan masyarakat, KIE dan advokasi.

Arsyad menambahkan, tujuan dari pelatihan tersebut, secara khusus diharapkan penyuluh KB, melalui pengetahuan dapat meningkat kesadaran tentang program KKBPK.

Dapat meningkatnya kualitas para tenaga PLKB sekaligus dapat mengelola kegiatan operasional program. Dan diharapkan terpenuhinya kompetensi dan meningkatkan wawasan tentang materi kependudukan dan pembangunan keluarga.

Sehingga PLKB mampu melakukan advokasi dan KIE program KKBPK di masing-masing wilayah kerjanya. (rs)

Pewarta: Oleh Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015