Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) 2023.
 
"Kegiatan ini sungguh penting agar mendapatkan kondisi pemetaan terhadap koperasi dan UMKM, sehingga kebijakan yang bisa diambil akan tepat sasaran dan terarah," kata Gubernur Rohidin di Bengkulu, Rabu.
 
Kementerian Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) untuk memperoleh data koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di berbagai aktivitas usaha kecuali usaha pertanian.
 
Pendataan lengkap akan dilaksanakan petugas BPS pada 15 September hingga 14 Oktober 2023.
 
Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal menyebutkan PL-KUMKM akan menyasar kepada tujuh keluaran sensus, yaitu pelaku usaha, unit usaha atau perusahaan menurut wilayah maupun lapangan usaha, pengguna tenaga kerja serta pasokan dan pasar. 
 
Selanjutnya, struktur pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan usaha, permodalan serta pemanfaatan digitalisasi pada koperasi dan UMKM. 
 
PL-KUMKM 2023 lanjut dia akan mencakup beberapa kegiatan usaha mulai dari usaha keluarga, usaha menetap, usaha tidak menetap dan usaha keliling. 
 
"Jadi kami harapkan peran aktif pelaku usaha Koperasi dan UMKM, sehingga data yang disampaikan sesuai dengan kondisi KUMKM saat ini," ucapnya.

Win Rizal meminta konstituen yang didata agar memberikan kondisi yang sebenarnya, sehingga data yang disampaikan nantinya benar-benar akurat dan bisa digunakan dengan baik untuk membuat kebijakan-kebijakan yang mendukung perkembangan koperasi dan UMKM.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023