Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Hidayah Kota Bengkulu menyediakan bantuan air bersih untuk masyarakat yang terdampak musim kemarau dan El Nino di wilayah tersebut.

"PDAM menyediakan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terdampak dari musim kemarau panjang yang mengakibatkan sebagian masyarakat mengalami kekeringan," kata Direktur Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu Samsu Bahari di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan saat ini sejumlah masyarakat yang mengalami kekeringan telah memanfaatkan bantuan air bersih melalui layanan mobil tangki secara gratis tersebut.
 
Bagi masyarakat yang mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih dapat meminta bantuan dengan menyampaikan surat ke Perumda Tirta Hidayah atau PDAM Kota Bengkulu melalui ketua RT masing-masing atau menghubungi nomor layanan 0852-1600-0788.
 
Masyarakat kemudian dapat menyiapkan wadah penampungan air yang dapat dijangkau selang tangki sepanjang lima meter dan satu mobil tanki tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk lima hingga tujuh rumah.
 
"Bantuan air bersih ini gratis, jika ada masyarakat yang membutuhkan silakan hubungi Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu dengan melampirkan alamat yang lengkap," ujar dia.
 
Pemerintah Kota Bengkulu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bijak menggunakan air bersih saat musim kemarau.
 
Selain itu, pemkot setempat meminta masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan kondisi, sebab pada musim kemarau tersebut tentunya akan ada kelangkaan air bersih di Kota Bengkulu.

"Kita imbau masyarakat mulai dari sekarang juga harus hemat air. Karena terkadang kita suka royal dengan air, padahal air itu menjadi kebutuhan hidup paling utama. Maka ketika misalkan tidak penting, keran air tolong dimatikan dan jangan membuang-buang air," kata Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi kemarau kering di wilayah Indonesia secara bertahap pada Agustus hingga Desember 2023, terjadi sejumlah wilayah di Indonesia, salah satunya di Provinsi Bengkulu.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023