Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, mengandalkan delapan objek wisata alam untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kami mengandalkan pesona wisata alam atau ekowisata untuk menarik wisatawan ke Bengkulu Tengah," kata Bupati Bengkulu Tengah Fery Ramli di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan delapan objek wisata andalan tersebut dapat dijangkau dengan akses yang tidak terlalu sulit, kecuali salah satu objek wisata yakni Danau Biru di Desa Surau.

Sementara tujuh objek wisata lainnya dapat diakses dengan mudah yakni Pantai Sungai Suci yang berada di perbatasan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Ada pula objek wisata Bukit Kandis dan Gunung Bungkuk yang biasa dijadikan lokasi kegiatan alam bebas seperti panjat tebing dan kegiatan kemah alam terbuka.

Kabupaten Bengkulu Tengah tambah dia juga memiliki kawasan hutan yang menjadi habitat bunga langka rafflesia (Rafflesia arnoldii), khususnya di jalan lintas yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Kepahiang.

"Bunga rafflesia cukup sering mekar dan bisa disaksikan keunikannya langsung di habitatnya," ujarnya.

Selain wisata danau dan flora langka, daerah otonomi termuda itu juga memiliki dua air terjun yang sudah menjadi andalan untuk menarik wisatawan yakni Air Terjun Datar Lebar dan Air Terjun Lagan Bungin.

Sedangkan objek wisata lainnya adalah Danau Gedang berjarak 18 kilometer dari Kota Bengkulu yang merupakan danau di muara sungai.

Fery mengatakan delapan objek wisata andalan itu masih perlu dilengkapi fasilitas yang memudahkan pengunjung menikmati keelokannya.

"Termasuk akses jalan ke lokasi wisata dan fasilitas lain yang perlu untuk menunjang pariwisata Bengkulu Tengah," ucapnya.

Ia menambahkan bahwa lokasi beberapa objek wisata yang tidak terlalu jauh dari Kota Bengkulu menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki untuk menarik wisatawan ke daerah itu.***1***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015