Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang pada 30 September 2023 dan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2023 sebagai upaya memperingati Hari Kesaktian Pancasila.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Sabtu, mengatakan, pemerintah daerah telah menerbitkan surat edaran (SE) bupati terkait dengan pengibaran bendera Merah Putih pada tanggal 30 September 2023 dan 1 Oktober 2023.
 
"SE bupati tersebut telah kami sebarkan ke seluruh camat, selanjutnya camat yang melanjutkan ke kepala desa untuk diteruskan kepada masyarakatnya masing-masing," ujarnya.
 
Selain itu, pihaknya juga telah meminta kepada setiap kantor instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, satuan pendidikan untuk mengibatkan bendera Merah Putih pada tanggal 30 September 2023 dan 1 Oktober 2023.
 
Ia menyebutkan, bahwa tema peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, yakni "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".
 
Sedangkan penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila di daerah ini secara luring penuh di satuan pendidikan sesuai pedoman surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor: 32328/MPK.F/TU.02.03/2023 tanggal 15 September 2023.
 
Sementara itu, salah seorang warga di Kecamatan Air Manjuto Alpin menyayangkan kurangnya sosialisasi tentang surat edaran bupati tentang pengibaran bendera setengah tiang dan pemasangan bendera penuh di wilayahnya.
 
"Hanya beberapa warga di wilayah ini yang memasang bendera setengah tiang karena banyak warga yang tidak tahu SE bupati yang meminta warga mengibarkan bendera setengah tiang," katanya.
 
Ia menyarankan, agar pemerintah daerah melalui kecamatan dan desa segera mensosialisasikan SE bupati kepada warga minimal satu minggu sebelumnya agar warga ikut berpartisipasi memasang bendera setengah tiang.
 
Menurutnya, kemungkinan semua warga mengetahui peringatan Hari Kesaktian Pancasila tetapi tidak semua yang mengetahui bahwa pada momen tersebut warga diminta untuk memasang bendera setengah tiang dan pemasangan bendera penuh.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023