Isnan Fajri, sosok sekretaris daerah definitif Provinsi Bengkulu yang baru saja dilantik pada Rabu memastikan menjaga netralitas dan integritas di Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.
 
"Regulasinya sudah sangat jelas (bahwa ASN tidak boleh terlibat politik praktis, dapat memilih tapi bukan menjadi pendukung atau simpatisan)," kata Sekda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri di Bengkulu, Rabu.

Dia mengatakan, seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu pun tentunya mengacu pada regulasi tersebut. Aparatur sipil negara harus berkomitmen dalam menegakkan integritas dan netralitas dalam pesta demokrasi.
 
"Jangan sampai ada yang mencoba bermain-main dengan netralitas ASN terhadap kepentingan politik. Akan kami kawal, akan selalu kami ingatkan, toh kalau seandainya terjadi tentunya harus siap menerima sanksi," ucap Isnan
 
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Rabu 4 Oktober 2023 melantik Isnan Fajri sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu yang baru, menggantikan Hamka Sabri yang purna tugas pada 1 September 2023 lalu.
 
Rohidin Mersyah mengingatkan betapa pentingnya posisi sekda dalam lingkungan pemerintahan daerah. Sekretaris Daerah kata Rohidin merupakan jabatan struktural tertinggi di lingkungan pemerintah daerah yang di dalam kesehariannya memegang tampuk kepemimpinan administrasi pelaksanaan pemerintahan.
 
"Memastikan berjalannya peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mampu juga menyerap dan menampung aspirasi dari seluruh masyarakat dengan satu tubuh pemerintahan," kata dia.
 
Sekretaris daerah, lanjut dia bagaikan leher atau menjadi salah satu bagian penting kalau diibaratkan dalam struktur tubuh.
 
"Kepala itu kepala daerah, leher itu sekda sementara badannya itulah struktur birokrasi pemerintahan. Perannya penting dalam struktur pemerintahan, menerjemahkan visi misi kepala daerah, pemahaman terhadap regulasi, serta kebijakan-kebijakan dalam mengatur struktur birokrasi," kata dia.
 
Isnan Fajri juga menandatangani pakta integritas ketika pelantikan, salah satu isi pakta integritasnya yakni tidak akan melakukan tindakan korupsi selama selama menjabat menjadi sekretaris daerah.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023