Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu meminta Pemerintah Kota (Pemkot) setempat segera menganggarkan dana untuk pemilihan wali kota (pilwako) pada 2024.
 
Sebab, berdasarkan hasil dari rakornas yang telah dilaksanakan bersama dengan KPU RI, kesiapan anggaran pilwako 2024 telah dianggarkan oleh Pemkot Bengkulu paling lambat 30 November 2023.
 
"Kami meminta Pemerintah Kota Bengkulu dapat memastikan anggaran pemilihan pilwako siap dianggarkan," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Reyendra Pirasad di Kota Bengkulu, Senin.
 
Saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bengkulu terkait kesiapan anggaran untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.
 
Sebab, KPU Kota Bengkulu telah menyampaikan besaran anggaran yang di butuhkan yaitu sebesar Rp30 miliar, namun hingga saat ini anggaran tersebut belum ada angka pasti dari pemerintah kota.
 
Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu Marliadi menerangkan kebutuhan anggaran untuk pilkada di KPU masih dapat dialokasikan dan di bahas dalam APBD murni 2024.
 
"Namun akan di lihat dari hasil verifikasi Gubernur Bengkulu terkait anggaran tersebut, jika sudah ada perintah maka akan di bahas ulang," sebutnya.
 
Kemudian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu Gitagama Raniputera menegaskan bahwa pemerintah kota berkomitmen akan membantu KPU, sebab menjadi poin penting untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
Namun anggaran tersebut masih akan dihitung ulang, karena besaran anggaran disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah agar ke depannya menjadi lebih baik.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp17 miliar untuk pilwak 2024.
 
Padahal KPU Kota Bengkulu mengajukan anggaran hibah Pilwako 2024 sebesar Rp48,2 miliar.
 
"Pemkot hanya mampu mengakomodasi dana sebesar Rp17 miliar dengan alasan keuangan daerah yang terbatas. Kalau Pilwako 2018 dana hibah itu Rp25 miliar, jika dibandingkan sekarang tentu sudah berbeda, mempertimbangkan jumlah TPS, jumlah surat suara. Selain itu juga harga-harga naik dan lain sebagainya," jelas Rayendra.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023