Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa, menanam sebanyak 800 batang pohon di sepanjang pantai yang tergerus abrasi di daerah itu.

"Sebanyak 800 batang pohon jenis cemara dan ketapang berasal dari dinas pertanian sebanyak 300 batang  dan 500 dari Kantor Lingkungan Hidup," kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Eddy Apriyanto, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan penanaman pohon itu sebagai bagian dari kunjungan pemuda budaya nasional yang berasal dari tiga provinsi, yakni Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Kantor Lingkungan Hidup dan instansinya, kata dia, yang bertugas mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran penyelenggaraan acara penanaman pohon di sepanjang pantai di daerah itu.

"Seluruh kepala bidang kami perintahkan ke lapangan untuk mempersiapkan acara penanaman pohon ini. Termasuk dari lingkungan hidup," ujar dia.

Ia mengungkapkan, Pantai Indah Mukomuko (PIM) di Kelurahan Koto Jaya termasuk pantai yang tergerus abrasi.

Penanaman pohon di pantai itu, kata dia, rutin dilakukan guna menyelamatkan daratan dan permukiman penduduk yang berada dekat pantai tersebut.

Sementara itu, lanjutnya, acara kunjungan pemuda budaya nasional di kabupaten itu juga diisi dengan panen raya padi sawah di Kecamatan Lubuk Pinang.

Kabupaten Mukomuko sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan laut sehingga perlu penanganan khusus agar tidak terjadi abrasi yang dapat membahayakan.***1***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015