Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu,  merekrut relawan pemadam kebakaran dalam rangka pencegahan dan penyelamatan pada kasus kebakaran di semua desa daerah itu.

Kabid Pencegahan Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko Rivo Irawan di Mukomuko, Sabtu, mengatakan, instansinya merekrut relawan pemadam kebakaran serta memasukkan namanya dalam aplikasi pemadam kebakaran Kementrian Dalam Negeri (Mendagri).

 
"Untuk perekrutan relawan pemadam kebakaran sebenarnya ada, tapi aturannya harus ngikut masuk dulu dalam aplikasi langsung ke Kementerian Jadi aplikasi itu kita ke Kementrian ngelinkkan dulu," ujarnya.
 
Selanjutnya, katanya, nama setiap relawan pemadam kebakaran yang direkrut di daerah ini sudah terkoneksi atau terhubung ke Kemendagri, setelah itu baru instansinya mengadakan pelatihan bagi relawan.
 
Ia mengatakan, relawan pemadam kebakaran untuk semua desa atau sebanyak 148 desa di daerah ini, kalau target relawan pemadam kebakaran untuk seluruh kecamatan di daerah ini.
 
Untuk tahap awal ini, katanya, perekrutan relawan pemadam kebakaran bertahap mungkin untuk empat kecamatan dulu atau lebih sesuai anggaran untuk pelatihan.
 
Ia mengatakan, sekarang ini instansinya hanya bisa memberikan sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran di daerah ini.

Sebanyak 160 warga berasal dari Kecamatan XIV Koto, Air Manjuto, Air Dikit, dan Penarik mengikuti kegiatan yang terbagi menjadi dua gelombang itu.
 
Ia berharap, kepada masyarakat setelah pelatihan ini mereka bisa membantu memadamkan kebakaran di wilayahnya karena mereka sudah mengikuti sosialisasi dan pelatihan.
 
Kemudian, katanya, diharapkan masyarakat di daerah ini menjadi lebih siap untuk menjaga Kabupaten Mukomuko dari berbagai bencana, termasuk kebakaran.
 
Selain itu, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta dalam memberdayakan warga dalam mencegah bahaya kebakaran, khusus di Kabupaten Mukomuko.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023