Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada tahun 2023 ini menyiapkan 107 unit alat bantu untuk penyandang disabilitas yang ada di wilayah itu.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan, Jaminan Sosial Dinsos Rejang Lebong Sonkarnain di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan jumlah penyandang disabilitas tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong saat ini mencapai 1.300 orang, di mana sebagian besar sudah mendapatkan alat bantu baik dari pemkab setempat maupun Kemensos RI.

Baca juga: Harga jual cabai ditingkat petani di Rejang Lebong alami kenaikan

"Alat bantu yang diakan Pemkab Rejang Lebong tahun 2023 ini sebanyak 107 unit. Alat bantu ini sebanyak 64 sudah disalurkan, dan sisanya 43 juga akan dibagikan dalam waktu dekat ini," kata dia.

Dia menjelaskan alat bantu penyandang disabilitas yang diadakan pihaknya itu berupa alat bantu dengar, kursi roda, tongkat ketiak, tongkat kaki tiga, tongkat kaki empat dan alat bantu lainnya.

Adapun alat bantu yang masih tersisa saat ini, kata dia, diantaranya alat bantu dengar empat unit, kursi roda tersisa enam unit, tongkat kaki tiga tersisa delapan unit, tongkat kaki empat tersisa 10 unit dan tongkat ketiak tersisa 15 unit.

Menurut dia, alat bantu penyandang disabilitas yang masih tersisa ini akan dibagikan pihaknya, namun terlebih dahulu dilakukan asesmen bagi calon penerima manfaatnya.

Sebelumnya, Kepala Dinsos Rejang Lebong Anes Rahman menyatakan terhitung Januari hingga akhir Oktober 2023 telah menyalurkan 114 unit alat bantu penyandang disabilitas di daerah itu baik dari pengadaan daerah setempat maupun pemerintah pusat.

Baca juga: Rejang Lebong koordinasikan penggunaan insentif penanganan stunting

"Alat bantu penyandang disabilitas yang berasal dari Pemkab Rejang Lebong dan sudah disalurkan terhitung dari Januari hingga Oktober 2023 ini sebanyak 64 unit," kata Anes.

Dia menjelaskan, alat bantu penyandang disabilitas dari pemda setempat ini berupa alat bantu dengar sebanyak 16 unit, kursi roda 14 unit, tongkat ketiak lima unit, tongkat kaki tiga sebanyak 12 unit, tongkat kaki empat sebanyak 10 unit dan alat bantu lainnya.

Sedangkan alat bantu penyandang disabilitas yang berasal dari Kemensos dalam bentuk bantuan sosial asistensi rehabilitasi sosial (ATENSI) yang disalurkan melalui Sentra Dharma Guna Bengkulu, dengan jumlah mencapai 50 orang atau penerima manfaat.

Kemudian bantuan sosial lainnya dari Kemensos ini juga diberikan masyarakat kategori lanjut usia (lansia), anak berhadapan hukum dan kelompok rentan yang ada di Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023