Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan, kuota haji lanjut usia atau lansia daerah itu pada musim haji 2024 sebanyak tujuh orang.

"Kuota haji Kabupaten Rejang Lebong tahun 2024 atau 1445 Hijriah sebanyak 228 orang, kuota haji ini terdiri dari sebanyak 221 orang kuota reguler ditambah tujuh orang kuota lansia," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Rejang Lebong M Adityawarman Budi di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, kuota haji Kabupaten Rejang Lebong sudah dibagikan oleh Kemenag RI belum lama ini, di mana diketahui terjadi penambahan satu orang untuk kuota lansia yang sebelumnya hanya enam orang.

Sedangkan untuk penambahan kuota reguler Kabupaten Rejang Lebong dan daerah lainnya di Tanah Air setelah kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan sebanyak 20.000 orang seperti yang diumumkan Presiden Joko Widodo, dirinya belum mengetahui berapa banyak tambahan yang akan diterima daerah itu.

Untuk mempersiapkan keberangkatan haji warga daerah itu tahun depan, kata dia, kendati waktunya masih lama sudah dipersiapkan pengurusan pembuatan paspor masing-masing di Imigrasi Bengkulu.

"Saat ini sudah dilakukan persiapan pengurusan dokumen haji terutama paspor dan pas foto terbaru 228 orang ini," katanya.

Menurut dia, pendaftar haji yang akan berangkat haji tahun 2024 mendatang sudah diketahui oleh masing-masing sesuai dengan nomor keberangkatannya dan telah dilakukan verifikasi, termasuk tujuh orang kuota lansia.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengimbau para calon jamaah haji Kabupaten Rejang Lebong agar dapat mengikuti manasik haji secara mandiri yang dilaksanakan oleh kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) resmi, karena jika menunggu yang diselenggarakan oleh pemerintah harus menunggu anggarannya turun.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023