Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu membagikan ratusan alat dan mesin pertanian (alsintan) guna meningkatkan produktivitas petani di Kabupaten Seluma.

"Kami menyalurkan program pemprov berkolaborasi dengan DPRD Provinsi Bengkulu. Alsintan ini diharapkan dapat mendorong kesejahteraan para petani khususnya Kabupaten Seluma. Tolong manfaatkan ini dengan baik dan alsintan ini dipelihara," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Minggu.
 
Ia menyampaikan untuk Kabupaten Seluma ada lima unit traktor tangan, 33 unit mesin penyemprot, 100 unit terpal, 10 unit mesin perontok padi multifungsi, 250 unit dodos elektrik, 18 unit mesin potong rumput, pompa air, dan 4 unit motor tiga roda tiga.
 
Rohidin mengimbau kepada para kepala desa dan perangkat pemerintahan desa untuk terus menggerakkan semangat gotong royong di tengah masyarakat.
 
Pada 2023, Pemerintah Provinsi Bengkulu menyediakan alsintan untuk 618 kelompok tani/UPJA. Total alsintan yang dibagikan terdiri atas 2.026 unit mesin penyemprot elektrik, traktor tangan 34 unit, mesin pemotong rumput 123 unit, mesin perontok padi multifungsi 10 unit kultivator 54 unit, motor roda tiga 8 unit, terpal plastik 300 unit, dodos 250 unit, egrek 250 unit, pompa air 8 unit, dan mesin panen kombinasi besar 2 unit.
 
Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mendistribusikan alat mesin pertanian ke sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu, seperti Kaur, Bengkulu Selatan, Mukomuko, Rejang Lebong dan Seluma.
 
Selain alat dan mesin pertanian, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga fokus pada peningkatan kapasitas nelayan dengan mendistribusikan puluhan mesin kapal, ketinting, perlengkapan keselamatan, dan GPS.
 
"Perlu meningkatkan kualitasnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengupayakan bantuan sehingga daya jelajah nelayan menjadi lebih baik dan hasil yang diperoleh lebih banyak," ujar Rohidin.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023