Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi terus memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam berbagai hal, termasuk dalam memastikan pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024 dapat berlangsung sukses, aman dan kondusif.

"Jadi Pemprov bersama Forkopimda Provinsi Bengkulu menjamin terlaksananya seluruh tahapan pemilu dan pilkada serentak 2024, sehingga terkawal dengan baik, berjalan dengan kondusif tanpa ada hambatan yang berat. Itu sudah menjadi komitmen bersama," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri di Bengkulu, Jumat.

Menurut dia, sinergi tersebut sangat dibutuhkan demi memastikan seluruh tahapan pemilu berjalan sesuai dengan tahapan telah dirancang oleh penyelenggara pemilu.

Pemerintah Provinsi Bengkulu sebelumnya telah menyatakan mendukung penuh penyelenggaraan pemilihan umum serentak 2024 agar berjalan aman dan tanpa kendala.

"Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat support agar agenda pemilu serentak ini dapat berjalan aman tanpa ada kendala. Dan tentu, ini juga perlu dukungan dari seluruh masyarakat Bengkulu," kata Asisten III Provinsi Bengkulu Nandar Munadi.

Penyelenggaraan pemilu serentak dan pilkada 2024, menurut dia, merupakan agenda yang begitu penting, sebab pesta demokrasi menjadi wadah peralihan kepemimpinan yang menentukan nasib bangsa ke depan.

"Tahun depan, ada dua agenda besar yaitu pemilihan presiden dan legislatif, kemudian pada akhir tahunnya ada pemilihan kepala daerah serentak. Dua agenda ini harus terlaksana dan berlangsung sukses, termasuk di Provinsi Bengkulu," kata dia.

Dia juga menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu mengajak masyarakat dan semua pihak terkait untuk bersama-sama terlibat aktif menangkal hoaks pemilu.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu Oslita mengatakan berkaca pada Pemilu 2019 penggunaan media sosial, cetak dan elektronik menjadi sarana utama dalam menarik simpati masyarakat.

"Namun juga tidak sedikit yang menggunakan perkembangan teknologi, khususnya media jaringan internet untuk melakukan kampanye hitam," ujarnya.
 
Oleh karena itu, Oslita mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjadi masyarakat atau netizen yang bijak dan cermat dalam menyikapi informasi yang beredar di dunia maya.

"Hal tersebut tentunya demi mencegah hoaks pemilu masuk ke tengah-tengah masyarakat," ujarnya.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023