Mukomuko (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah pemilih dalam daftar pemilih sementara untuk Pemilihan Kepala Daerah 2015 lebih banyak dibandingkan pemilih presiden lalu.

"Daftar pemilih sementara (DPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini di atas 143.695 jiwa atau mengalami peningkatan dibandingkan jumlah pemilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) sebanyak 119.000 jiwa," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Ramadhan Gusti di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, tetapi DPS untuk Pilkada itu masih bersifat sementara. Sewaktu-waktu bisa berubah setelah dilakukan pemuktahiran data. Kalau tidak bertambah, jumlah pemilih dalam DPS itu berkurang.

Pemuktahiran DPS itu di mulai bulan Juli 2015 yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran  data pemilih di tingkat desa hingga kecamatan di daerah itu.

"Hasil pemuktahiran data tersebut yang kami plenokan secara terbuka untuk menentukan daftar pemilih tetap (DPT)," ujarnya.

Komisioner KPU setempat lainnya Abdul Hamid Siregar menargetkan angka partisipasi pemilih Pilkada meningkat dibandingkan Pemilihan Presiden.

Kalau di Pilpres lalu angka partisipasi pemilih sebesar 85 persen, katanya, maka di Pilkada ini lebih besar. Karena kedekatan emosional masyarakat pemilih dengan calon kepala daerah lebih kuat ketimbang dengan presiden.

"Belajar dari Pilkada lima tahun sebelumnya bahwa partisipasi masyarakat itu lebih besar dibandingkan saat Pemilihan Legislatif dan Presiden," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat memilih pemimpin tidak hanya karena faktor kedekatan emosional saja tetapi karena calon pemimpin itu memiliki sumber daya manusia (SDM).***2*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015