Mukomuko (Antara) - Kalangan warga di Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko,  Provinsi Bengkulu, sampai sekarang tidak mengalami kesulitan air bersih meski musim kemarau melanda wilayah itu.

"Sudah empat hari ini sumur warga di Air Rami kering. Meskipun ada sedikit air tetapi keruh, namun warga tidak kesulitan air karena mereka menggunakan air sungai dekat wilayah ini," kata Pejabat Camat Kecamatan Air Rami Cartu, di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, sebanyak 12 desa di Kecamatan Air Rami. Mayoritas sumur warga yang tersebar di 12 desa di kecamatan itu mengalami kekeringan.

Ia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhannya, warga di wilayah itu menggunakan air sungai di wilayah satuan pemukiman (SP) VI dan di Desa Talang Rio.

"Air yang mereka gunakan di dua lokasi itu berasal dari Sungai Air Hitam," ujarnya.

Warga setempat, katanya, menggunakan air sungai itu untuk mandi dan mencuci. Sedang untuk masak menggunakan air yang berasal dari sumur gali dekat pinggir sungai di wilayah itu.

Ia mengatakan, warga sendiri yang membuat sumur di pinggir sungai untuk kebutuhan memasak. Dan air sumur itu dimanfaatkan oleh sebagian besar warga di wilayah itu.

Dikatakannya, meskipun mayoritas sumur warga kering tetapi warga belum kesulitan mendapatkan air bersih. Air sungai yang digunakan oleh warga itu berada dekat dengan wilayah mereka.

"Sungai itu berada di sepanjang jalan perlintasan di wilayah ini sehingga warga tidak kesulitan untuk menjangkaunya," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015