Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun 2024 akan menggelontorkan dan menambah investasi pemerintah daerah berupa penyertaan modal kepada bank perkreditan rakyat (BPR) di daerah ini.

"Tahun depan kami tambah lagi dana investasi pemerintah daerah sebesar Rp2,5 miliar sampai Rp3 miliar untuk modal BPR," kata Bupati Mukomuko Sapuan, di Mukomuko, Selasa.

 
Ia mengatakan pula, pemerintah daerah setempat setiap tahun menambah dana penyertaan modal untuk BPR, dan tahun ini pemerintah daerah menambah penyertaan modal sebesar Rp2,5 miliar kepada BPR.
 
Dia menegaskan, pemerintah daerah setiap tahun merencanakan menambah modal kepada BPR, agar bank daerah ini bisa berkembang dan punya kontribusi langsung terhadap perekonomian dan akses keuangan untuk masyarakat kecil.
 
Selain itu, katanya lagi, keberadaan BPR di daerah ini bisa berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian para pedagang kecil mikro yang ada di Kabupaten Mukomuko.
 
Ia mengemukakan, jika keuntungan yang diperoleh BPR ini besar, maka bank ini bisa memberikan kontribusi berupa pendapatan asli daerah (PAD) seperti Bank Bengkulu yang telah memberikan PAD untuk daerah ini.
 
Pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan pihak BPR dan berdasarkan perhitungan ke depan mereka mulai bisa memberikan deviden untuk daerah ini.

Pemerintah daerah ini juga menghibahkan aset gedung dan tanah kepada BPR, guna memaksimalkan peran bank ini dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta memberikan kenyamanan bagi nasabahnya.
 
"Kami memberikan fasilitas terbaik, memberikan kenyamanan kepada nasabah, memberikan spesial untuk BPR berupa hibah satu kantor yang sangat strategis sehingga dapat memaksimalkan kerjanya," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Minggu (27/11).
 
Ia mengatakan, terkait pemindahan kantor BPR dari gedung yang lama ke gedung baru masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
Pihak manajemen BPR Mukomuko telah menyampaikan pengajuan pemindahan kantor kepada OJK, selanjutnya menunggu OJK turun ke lokasi kantor yang baru.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023