Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu menyediakan semua kebutuhan Lebaran di pasar murah bagi masyarakat, khususnya ekonomi lemah, yang digelar Rabu (8/7).

"Di pasar murah akan disediakan bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, tepung, dan telur daging," kata Kepala Bagian Humas Kota Bengkulu, Salahudin Yahya, di Bengkulu, Selasa.

Pasar murah yang akan digelar pemerintah setempat, mulai 8-15 Juli 2015, juga menyediakan berbagai macam kue dan minuman khas Lebaran, jadi tidak hanya kebutuhan pokok.

"Dan harganya, lebih murah dari harga pasar, memang kami prioritaskan untuk masyarakat yang membutuhkan, namun seluruh masyarakat kota bisa berbelanja di pasar murah," kata dia.

Pemerintah kota sebagai penyelenggara, tidak memberlakukan aturan ketat bagi pembeli, tidak ada kupon khusus atau jumlah paket khusus yang boleh dibeli.

"Pemkot, tidak 'saklek' (tidak diatur dengan aturan yang mengekang) terkait pembelian, baik kupon atau jumlah yang boleh dibeli, tetapi lebih kepada norma sosial, kita percaya, mereka yang lebih sejahtera akan memberikan prioritas pada sebagian yang lebih membutuhkan," katanya.

Untuk kebutuhan daging baik sapi maupun ayam, masyarakat dapat membeli pada dua hari terakhir gelaran pasar murah Kota Bengkulu.

"Tujuan penjualan kebutuhan Lebaran pada pasar murah adalah untuk memenuhi apa yang diperlukan saat merayakan 1 Syawal, kalau kami sediakan daging pada Rabu, artinya itu hanya untuk konsumsi bulan puasa, bukan Lebaran," ucapnya.

Untuk perbedaan harga, katanya, lebih rendah dari harga yang dijual di pasar, bahkan selisihnya mencapai Rp5.000, selisih yang cukup besar memberikan kelonggaran harga bagi masyarakat ekonomi lemah.

"Selisihnya bervariasi, dari Rp2.000-Rp5.000, ini merupakan bentuk subsidi dari pemerintah kota untuk masyarakat, sehingga kita semua bisa menikmati Lebaran yang penuh berkah," ujarnya.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015