Ratusan personel Kodim 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu melakukan kegiatan gotong-royong membersihkan kawasan Pasar Atas Curup guna mencegah terjadinya banjir dan penyebaran penyakit di wilayah itu.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf M Renaldy Herbowo saat memimpin kegiatan kebersihan di Pasar Atas Curup, Jumat, mengatakan bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT Kodam II/Sriwijaya tahun 2023 dan membantu pemerintah daerah setempat menangani sampah.

"Aksi bersih-bersih ini dalam rangka karya bakti TNI memperingati HUT Kodam II/Sriwijaya. kegiatan ini juga untuk mengantisipasi bencana banjir dan munculnya wabah penyakit," kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan pembersihan kawasan Pasar Atas Curup ini melibatkan lebih dari 300 personel dari TNI/Polri, kemudian para ASN dari sejumlah organisasi  perangkat daerah (OPD) dan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rejang Lebong.

Kegiatan pembersihan kawasan Pasar Atas Curup kali ini, kata dia, dilakukan untuk membantu petugas kebersihan dalam mengatasi penumpukan sampah karena pada saat musim hujan sekarang volume nya bertambah, sedangkan petugas kebersihan yang menanganinya terbatas.

Kegiatan pembersihan lingkungan itu sendiri rencananya akan dilakukan pihaknya secara rutin dengan lokasi berpindah-pindah sehingga terciptanya lingkungan yang bersih dan rapi.

Sementara itu Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat meninjau kegiatan pembersihan menyatakan akan menambah sarana dan prasarana penampungan sampah di kawasan Pasar Atas Curup yang dinilai masih kurang.

Menurut dia, penambahan sarana prasarana penanganan sampah di kawasan Pasar Atas ini diantaranya kontainer sampah, serta bak penampungan sementara mengingat kapasitas bak penampungan sementara yang disiapkan cukup kecil sehingga tidak bisa menampung semua sampah yang dibuang warga atau pedagang ke tempat itu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023