Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menerima 275.967 lembar surat suara calon pasangan presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Bengkulu sebanyak 275.967 lembar surat suara dan dua persen diantaranya sebagai surat suara cadangan," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Reyendra Firasad di Bengkulu, Minggu.

Sebanyak 275.967 surat suara tersebut langsung disimpan di gudang logistik depan kantor KPU Kota Bengkulu.

Ia menyebutkan, kedatangan surat suara tersebut diawasi pihak Kepolisian Resor Kota (Polresta) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu.

Dikatakannya, untuk penyortiran surat suara calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 akan dilakukan setelah menerima petunjuk teknis dari KPU Provinsi Bengkulu.

"Kita baru menerima berupa paket dus surat suara presiden dan wakil presiden, sedangkan untuk penyortiran dan pelipatan surat suara masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Provinsi. Apabila sudah ada konfirmasi secepatnya, baru akan dilakukan," ujar dia.

Sebab, terang Rayendra, pelipatan surat suara tersebut nantinya akan dilakukan dengan pengawasan oleh pihak KPU, Bawaslu beserta jajaran dan pihak kepolisian di Kota Bengkulu.

"Pelipatan dan penyortiran surat suara akan dilakukan pengawasan ketat. Jika ditemukan kerusakan surat suara pada saat penyortiran, nantinya akan dilakukan rekap dan disampaikan ke KPU Provinsi Bengkulu guna dilakukan penambahan jumlah yang mengalami kerusakan," terangnya.

Sementara itu, untuk logistik surat suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan kota serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) saat ini masih dalam proses dan akan didistribusikan secara bertahap.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023